Blog

Fakta Seputar Menstruasi Yang Wajib Wanita Ketahui

Gejala menstruasi merupakan sebuah proses dimana darah keluar melalui alat kelamin wanita atau vagina yang terjadi sesuai dengan siklus alami di tubuh wanita pada umumnya. Darah akan keluar ketika terjadinya menstruasi ini, sehingga Laurier sebagai penyedia produk pembalut dapat membantu setiap wanita yang tengah mengalami masa menstruasi ini. Dikarenakan setiap peluruhan darah yang keluar dari setiap wanita berbeda, maka produk pembalut Laurier tersebut memiliki beberapa pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan dari wanita. Umumnya, siklus menstruasi ini berjalan kurang lebih 4 minggu yang mana diawali dengan tubuh wanita yang menghasilkan beberapa hormon yakni gonadotropin relasing hormone, kemudian LH atau luteinizing hormone serta progesteron dan estrogen.

Gejala Awal Menstruasi?

Sebelum masuk ke masa menstruasi, akan hadir terlebih dulu premenstrual syndrome atau PMS yang dialami hampir sebagian besar dari wanita. Apa saja gejala yang timbul? Berikut penjelasan selengkapnya di bawah ini.

  1. Perut menjadi kembung
  2. Tubuh menjadi mudah lemas dan lelah
  3. Timbul jerawat di daerah muka
  4. Adanya perubahan pada nafsu makan
  5. Payudara menjadi mengeras dan juga terasa nyeri
  6. Terjadi perubahan mood secara tiba-tiba seperti jadi mudah marah ataupun tersinggung, lebih sensitif dan cenderung mudah menangis.
  7. Mudah merasa depresi atau stress karena sesuatu hal
  8. Sulit untuk berkonsentrasi pada waktu tertentu

Alaminya, gejala ini akan terjadi sekitar 1 hingga 2 minggu menjelang masa menstruasi, atau setelah selesai masa ovulasi. Pada masa ini akan kadar hormon akan cenderung fluktuatif yang menyebabkan emosi menjadi naik dan turun pada diri seorang wanita.

Fakta Yang Perlu Diketahui Seputar Menstruasi

  1. Wanita dapat hamil semasa menstruasi. Bila seorang wanita melakukan seks dan memiliki siklus menstruasi yang pendek, umumnya dapat menyebabkan proses ovulasi jadi lebih cepat sehingga dapat menjadi kesempatan untuk hamil pada fase akhir haid.
  2. Makanan dapat berpengaruh pada masa menstruasi. Disadari atau tidak, ketika masa menstruasi, makanan dapat berpengaruh pada program diet atau penurunan badan yang sedang dijalani, sehingga dengan mengonsumsi makanan yang baik dan memiliki kandungan gizi yang cukup, dapat mengimbangi program diet yang sedang dijalankan walaupun pada waktu masa menstruasi.
  3. Siklus menstruasi yang tak harus setiap bulan. Ada beberapa kasus yang tidak biasa seputar siklus menstruasi yang cukup unik, dimana siklus menstruasi pada wanita dapat terjadi tidak teratur setiap bulan. Namun, ada juga yang terjadi pada waktu-waktu tertentu yang mana disesuaikan dengan keadaan tubuh yang unik tersebut.
  4. Lancarnya siklus menstruasi tidak menjamin tentang kesuburan. Menurut pendapat seorang profesor di bidang ilmu kesehatan, bahwa menstruasi yang berjalan lancar tidak serta merta dapat menjamin kesuburan bagi tubuh wanita. Ada istilah bernama siklus anovulasi yang menyebutkan gejala yang cukup unik ini, dimana patokan masa ovulasi yang baik pada kasus ini dapat dilihat dengan cara melakukan cek suhu serta lendir yang keluar dari serviks setiap harinya.
  5. Sebuah siklus menstruasi tak mesti selama 28 hari. Pada kasus tertentu, suatu siklus haid terjadi pada waktu 20 hingga 35 hari, yang mana hal tersebut menunjukkan siklus yang terjadi dapat dikatakan tidak stabil dan masa ovulasi berjalan secara periodik.

Demikian tadi beberapa fakta menarik seputar masa menstruasi dan gejala awal yang dapat menjadi tanda bagi wanita yang akan mengalami dan tengah mengalami masa menstruasi. Kini hadir produk Laurier yang menawarkan kepada wanita beragam varian pembalut yang dapat membantu wanita agar dapat beraktivitas walaupun dalam keadaan menstruasi. Sekian dan terima kasih.