Bali
Blog Traveling

Tips Menghemat Budget Saat Liburan ke Bali

Bali adalah tempat liburan favorit saya, karena itulah saya sering pergi ke sana untuk refreshing dan menikmati suasananya yang cantik. Karena terlalu sering kesana, banyak teman-teman yang heran karena mereka mengira liburan ke Bali memerlukan budget yang cukup besar. Mereka pun kaget setelah mendengar bahwa sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk tetap liburan ke Bali dengan budget yang terbatas.

Karena banyak yang sering menanyakan kepada saya bagaimana caranya, akhirnya saya pun memutuskan untuk membagikan tips menghemat budget liburan ke Bali ke semuanya. Tips ini saya kumpulkan berdasarkan beberapa pengalaman saya pergi liburan ke sana.

Cara Hemat Saat Liburan di Bali

  1. Sewa kendaraan

Bagi yang tidak membawa kendaraan transportasi adalah salah satu biaya terbesar yang harus dikeluarkan terutama jika Anda terus menerus naik taksi. Untuk menghemat budget maka jauh lebih baik Anda menyewa kendaraan saja. Dan jika Anda hanya bepergian dengan seorang teman, maka cukuplah menyewa motor untuk berkeliling Bali.

Biaya sewanya pun jauh lebih murah dibandingkan sewa mobil yaitu hanya sekitar 50 sampai 75 ribuan saja. Namun tentunya jika Anda berwisata bersama dengan seluruh anggota keluarga, sewa mobil juga jauh lebih masuk akan dibandingkan menggunakan kendaraan umum yang mahal.

Jika lokasi tempat wisata yang ingin dituju tersebut dekat satu dengan lainnya, biasakan untuk berjalan kaki saja dari satu tempat ke tempat lainnya. Bali memiliki pemandangan yang sangat indah karena itulah Anda bisa tetap menikmati pemandangan saat sedang jalan dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya.

  1. Hindari beach club

Beach club di Bali menggunakan tarif dolar karena banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke sana. Satu gelas minuman saja bisa dihargai hampir 100 ribuan belum jika Anda memutuskan untuk menambah snack untuk ganjal perut.Karena itulah lebih baik untuk menghindari beach club karena harganya bisa diluar budget. Terlebih jika budget yang Anda persiapkan cukup mepet.

Jika memang ingin nongkrong di beach club hanya sekedar untuk eksis saja dan foto-foto cantik, cobalah untuk memilih tempat duduk yang berada paling jauh dari batas pantai. Hal ini penting karena beach club biasanya memberikan minimum payment yang berbeda untuk tempat duduk yang berada paling dekat dari batas pantai. Selain itu jangan beli makanan, cukuplah beli segelas minuman dan foto-foto sampai puas di pantai baru makan di luar yang harganya jauh lebih murah.

Sebagai contoh minimum payment untuk tempat duduk yang berada paling dekat dari batas pantai bisa mencapai 600 ribuan yang tentunya cukup tinggi untuk wisatawan lokal seperti kita. Tidak perlu khawatir karena meskipun Anda duduk di lokasi yang cukup jauh dari batas pantai, tetapi tetap diperbolehkan untuk foto-foto di sekitar pantainya.

  1. Pilih obyek wisata

Dalam pemilihan obyek wisatanya jangan sampai Anda datang ke pantai yang merupakan kepunyaan resort tertentu karena tiket masuknya benar-benar tinggi sebab pantai tersebut sudah dimonopoli oleh resort tersebut. Sebaiknya datanglah ke obyek wisata gratis seperti waterblow, green bowl, blue point yang hanya perlu bayar tiket parkir saja untuk dapat menikmati pemandangan pantainya. Atau pilih obyek wisata yang menggunakan harga lokal seperti dreamland, tanah lot, pandawa dan sebagainya yang harganya masih masuk akal di kantong.

  1. Penginapan

Masalah penginapan adalah satu lagi yang menghabiskan banyak budget. Namun sebenarnya hal ini bisa dengan mudah diatasi dengan memilih penginapan murah yang harganya jauh dibawah hotel berbintang. Jika hotel berbintang bisa memiliki tarif diatas 500 ribu, cobalah untuk mencari losmen yang harganya dibawah itu. Selain itu cobalah untuk mencari promo booking dari jauh-jauh hari karena biasanya ada diskon besar-besaran yang ditawarkan oleh hotel terutama jika Anda berlibur pada saat offseason. Anda bisa melakukannya melalui beberapa website booking penginapan secara online yang sudah cukup banyak saat ini.

Tentunya jangan lupa untuk tetap melihat lokasi serta fasilitas yang diberikan karena Anda tentunya ingin merasa nyaman saat tinggal di penginapan tersebut selama liburan. Fasilitas penting yang Anda inginkan seperti WiFi gratis, sarapan agar menghemat budget untuk makan diluar dan tentunya tempat parkir yang aman. Jangan khawatir karena meskipun penginapan tersebut mengenakan tarif yang cukup terjangkau tetapi lokasinya juga masih di sekitaran tempat wisata seperti di sekitar legian.

Demikianlah beberapa tips menghemat budget liburan ke Bali yang saya susun berdasarkan pengalaman saya beberapa kali pergi berwisata ke Bali. Ternyata Anda tetap bisa menikmati liburan ke Bali meskipun dengan budget yang terbatas bukan. Triknya adalah dengan mengatur anggaran sebaik mungkin serta menghindari tempat-tempat yang tarifnya terlalu mahal dan tidak sesuai dengan budget yang sudah dipersiapkan.