Blog

Tambah Cuan Dengan Usaha Sampingan

Di masa pandemi yang belum juga mereda, kondisi perekonomian masyarakat juga terlihat makin memburuk. Kurangnya daya tarik pembelian barang-barang konveksi Jogja merupakan salah satu hal yang sangat dirasakan oleh sebagian besar pemilik konveksi.

Tidak hanya para pemilik konveksi, para pelaku usaha kecil dan menengah pun merasakan kesulitan yang sama selama kurang lebih hampir satu tahun ini. Rendahnya tingkat pembelian dan semakin mahalnya biaya produksi membuat mereka harus putar otak.

Selanjutnya, para karyawan pun harus pintar-pintar mencari kesempatan untuk menambah cuan atau peruntungan di tengah sulitnya mencari pendapatan tambahan. Dengan banyaknya pekerja yang diberhentikan untuk mengurangi biaya produksi atau pengeluaran. Akhirnya banyak dari mereka yang memilih untuk membuka usaha pribadi.

Alasan dibalik Pentingnya Usaha Sampingan untuk Karyawan

Di masa-masa pandemi yang kondisinya belum jelas ini, ada banyak alasan penting mengapa kamu perlu membuka usaha sampingan:

  1. Menambah penghasilan

Tujuan dari melakukan usaha sampingan tentu saja adalah untuk menambah cuan atau penghasilan. Dengan membuka usaha sampingan disamping menjadi karyawan sebuah perusahaan, penghasilan pun bisa meningkat sedikit demi sedikit.

Ditambah lagi, harga kebutuhan pokok dan biaya sekolah yang makin meningkat membutuhkan usaha ekstra untuk bisa memenuhinya.

  1. Bekal usaha jika suatu saat diberhentikan

Merupakan hal yang umum dilakukan oleh banyak perusahaan seperti konveksi Jogja yang terkena dampak dari pandemi virus corona untuk memberhentikan sebagian jumlah karyawannya. Jika suatu saat hal terburuk itu terjadi, dengan membuka usaha sampingan saat masih menjadi karyawan akan menjadi bekal kita di kemudian hari.

  1. Mengisi waktu luang di akhir pekan

Akhir pekan memang sering kali digunakan untuk beristirahat setelah lelah bekerja selama 5 hari penuh. Namun, untuk orang yang tidak suka berleha-leha, membuka usaha menjadi hal yang patut dilakukan untuk mengisi waktu di akhir pekan.

3 Usaha Sampingan Karyawan untuk Tambah Cuan

  • Membuka jasa koneksi wifi per jam

Jasa wifi memang sudah cukup menjamur akhir-akhir ini. Banyak dari orang-orang yang menjual koneksi wifi dari rumah mereka dengan biaya per jam atau sepuasnya. Biasanya jasa wifi ini digemari oleh para anak-anak yang bisa dengan puasnya menikmati koneksi internet wifi yang cepat.

Biasanya, jasa koneksi wifi ini dijual Rp. 2000,- per jam atau Rp. 5000,- untuk sepuasnya. Tentu saja harga ini terbilang cukup murah dan banyak diminati karena terbilang jauh lebih murah jika dibanding membeli pulsa atau paketan internet

  • Berjualan makanan kering

Memilih jenis makanan kering untuk dijual para karyawan yang ingin melakukan usaha sampingan adalah pilihan yang tepat. Makanan kering yang tidak cepat basi atau busuk membuat kita bisa menyimpan makanan lebih lama apabila tidak laku terjual sekaligus.

Kita bisa memilih makanan camilan jadul seperti snack makaroni kering dengan berbagai varian rasa, mi lidi, hingga berbagai jenis keripik. Selain dijual secara online, kita juga bisa menjual snack tersebu di lingkungan kantor tempat kita bekerja.

  • Berjualan Baju Online

Sedari dulu, kebutuhan akan baju memang tidak pernah meredup. Sebab, saat ini membeli baju baru tidak lagi hanya dilakukan saat lebaran. Usaha jualan baju online dar konveksi Jogja bisa menjadi pilihan usaha sampingan para karyawan yang ini menambah cuan. Karena dilakukan secara online, usaha ini tidak terlalu banyak menyita waktu dan ruangan di rumah.