Blog

Berita Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Masa Pandemi

Wabah virus Corona sudah hampir 2 bulan lamanya berada di Indonesia. Menurut Berita Terupdate Nasional sudah banyak sekali korban jiwa yang terenggut nyawanya akibat terpapar virus Corona ini. Pemerintah sendiri sudah menerapkan kebijakan pembatasan wilayah dengan skala besar serta physical distancing untuk menekan penyebaran virus Corona secara efektif. Namun tetap saja penyebaran belum bisa dicegah semaksimal mungkin.

Kebijakan pemerintah yang kemudian mewajibkan bekerja, sekolah dan ibadah dari rumah pun kini berimbas pada pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia. Dimana banyak rakyat yang kehilangan pekerjaan karena di PHK, banyak rakyat kelaparan karena tak ada pemasukan, banyak pedagang merugi karena tak ada pembeli, pemilik usaha alat transportasi pun ikut merasakan hilangnya pengguna jasa yang mereka miliki. Otomatis hal ini menjadikan perekonomian Indonesia pun ambruk. Lalu apa yang harus dilakukan untuk menormalkannya kembali?

Penyebab Perekonomian Indonesia Ikut Mengalami Penurunan Pertumbuhan

Seperti yang sudah dicantumkan dalam Berita Terupdate Nasional, wabah virus Corona ini sudah mulai menyebabkan kerugian di berbagai sektor kehidupan. Diantaranya dengan mandegnya berbagai jenis usaha, jalur distribusi logistik terganggu hingga membuat banyak stok barang kebutuhan rumah tangga pun kosong hingga langka. Kondisi ini tentu menyebabkan harga melonjak naik padahal permintaan sedang banyak sementara kemampuan masyarakat untuk membeli semakin minim. Berikut beberapa kondisi yang diperkirakan akan terjadi selama masa pandemi Corona ini.

  1. Lonjakan permintaan kebutuhan

Diperkirakan akan terjadi peningkatan permintaan barang dan jasa pada saat hari raya nanti. Namun permintaan tersebut tak bisa terpenuhi secara maksimal karena pemenuhan stok terhenti karena impor mandeg. Seperti yang diketahui Kita bergantung sangat banyak pada pasokan dari China. Sementara China sendiri sedang dalam masa pemulihan perekonomian, otomatis kebutuhan Kita pun baru akan terpenuhi setelah semua sektor di China berjalan dengan lancar.

  1. Meningkatnya biaya produksi

Selain itu biaya produksi juga semakin tinggi sementara permintaan impor semakin menurun. Semua itu bisa menyebabkan adanya penurunan stok bahan baku yang membuatnya menjadi langka kemudian mengakibatkan terjadinya inflasi yang tinggi. Akibat dari inflasi tinggi adalah dimana terjadinya penurunan konsumsi rumah tangga. Padahal selama ini kontribusi yang paling besar pada pertumbuhan ekonomi Indonesia berasal dari konsumsi rumah tangga yang tinggi.

  1. Pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin terpuruk

Maka bisa dianalisis, menurut Berita Terupdate Nasional jika kondisi perekonomian Indonesia terus seperti itu maka inflasi akan  semakin tinggi, kemudian konsumsi rumah tangga menurun, daya beli masyarakat pun semakin menurun. Akibatnya akan membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia akan lebih terpuruk dan menurun.

Beberapa Saran Dari Bank Dunia Untuk Perekonomian Indonesia

Melihat fenomena ini Bank Dunia pun ikut andil dalam memberikan saran yang terbaik untuk perbaikan ekonomi Indonesia. Diantaranya adalah yang pertama untuk tetap mempertahankan kondisi physical distancing dan tetap berusaha untuk beraktivitas di rumah saja. Hal ini bertujuan sangat penting yaitu untuk meminimalkan  penyebaran virus covid 19 dengan lebih maksimal sehingga kondisi perekonomian Indonesia bisa secepatnya bangkit dari keterpurukan.

Saran yang kedua adalah pemberian bantuan tunai untuk upah UMKM dan pemberian insentif untuk perusahaan demi meminimalkan jumlah pegawai yang di PHK. Karena pada masa seperti ini banyak kondisi yang mengharuskan perusahaan yang melakukan PHK yang pasti akan berakibat meningkatnya jumlah pengangguran.

Saran selanjutnya adalah dengan tetap melakukan kerja sama secara internasional. Baik untuk memenuhi kebutuhan logistik, ketersediaan makanan serta untuk penyediaan alat-alat kesehatan dengan negara lainnya agar supaya stabilitas ekonomi bisa terjaga dengan baik. Pada saat seperti ini hanyalah kerja sama dan saling peduli yang Kita butuhkan untuk segera pulih dari kondisi ini secepatnya. Sekian ulasan singkat tentang perekonomian Indonesia sebagaimana yang dibahas oleh Berita Terupdate Nasional.