Blog

Aplikasi Populer 2020 Akibat Karantina Covid-19

Akhir tahun 2019, dunia dirundung duka dan kekhawatiran yang sangat mendalam setelah merebaknya virus Corona yang berasal dari China. Awal tahun 2020, dunia kemudian semakin gempar karena efek virus yang nyatanya semakin menyebar di berbagai negara di belahan dunia. Di Indonesia sendiri, Anda yang memiliki android atau ponsel pintar lainnya tentu mengikuti perkembangan berita yang disebarkan di berbagai media sosial bahwa awal Maret, kasus pertama ditemukan. Seiring dengan berjalannya waktu, penyebaran virus semakin meluas bahkan hingga hari ini.

Efek Karantina Akibat Virus Corona

Semakin meluasnya penyebaran virus Corona di Indonesia membuat pemerintah memutuskan untuk sangat membatasi kegiatan masyarakat di luar rumah. Bahkan anak sekolah dan para pekerja dihimbau untuk melakukan pembelajaran dan pekerjaan di dalam rumah atau istilahnya WFH atau work from home. Alhasil, masa karantina yang lebih dari 2 minggu sekarang membuat kegiatan masyarakat sangat terbatas. Ponsel menjadi salah satu hiburan yang paling penting dan membantu selama masa karantina ini. Akibat dari Corona, banyak aplikasi yang dulunya tidak terlalu dikenal, menjadi sangat dibutuhkan saat ini.

Aplikasi Paling Populer di 2020

Perubahan kegiatan masyarakat yang banyak bergantung pada sistem online sekarang menjadikan beberapa aplikasi sangat dibutuhkan selama proses karantina akibat virus Corona. Berikut beberapa aplikasi tersebut:

  1. WhatsApp

Aplikasi WhatsApp memang sebenarnya sudah sangat populer dan banyak digunakan oleh masyarakat untuk berkomunikasi. Layanan gratis, kemudahan dalam menggunakan aplikasi dan berbagai fitur menarik didalamnya membuat banyak orang menggunakannya. Selain itu, penggunaan WhatsApp juga tidak menguras banyak kuota. Bisa digunakan untuk mengirim pesan teks, dokumen, foto, pesan suara, bahkan video. Dalam melakukan panggilan juga bisa menggunakan panggilan suara dan juga video yang bisa dilakukan lebih dari 2 orang.

  1. Zoom

Aplikasi berikutnya yang banyak digunakan untuk melakukan pertemuan secara online adalah aplikasi Zoom. Sebelum adanya keputusan karantina mandiri dan pembatasan aktivitas, mungkin sebagian besar masyarakat masih asing dengan aplikasi Zoom. Namun ketika kegiatan pembelajaran dan bekerja harus dilakukan secara online, banyak orang yang membutuhkan aplikasi ini untuk melakukan panggilan video dengan stabil. Bahkan pengguna android juga bisa menggunakannya.

  1. Google Classroom

Selain Zoom, aplikasi lainnya yang juga populer dan banyak digunakan sejak adanya Corona ini adalah Google Classroom di mana aplikasi ini banyak digunakan oleh para guru. Guru biasanya melakukan pembagian materi dan tugas dengan melalui Google Classrom. Dengan menggunakan aplikasi ini, semua materi dan tugas bisa didata dengan baik dan rapi.

  1. TikTok

Sebelumnya, TikTok memang sempat dikenal banyak orang namun memiliki image yang kurang baik karena dianggap alay oleh masyarakat. Namun setelah banyak digunakan kembali oleh orang-orang selama masa karantina, aplikasi ini menjadi aplikasi yang paling banyak dimainkan. Banyak orang kemudian berlomba-lomba membuat video TikTok menarik agar bisa menjadi viral. Semakin banyak waktu menganggur yang dimiliki, semakin kreatif pula orang-orang dalam membuat video TikTok.

  1. Youtube

Sama seperti WhatsApp, Youtube sebenarnya juga sudah terkenal sejak beberapa tahun terakhir. Namun selama masa karantina ini, masyarakat memang memiliki kegiatan yang terbatas. Namun hal tersebut tidak membuat mereka kehabisan ide untuk membuat video menarik aktivitas dalam rumah yang kemudian di unggah ke Youtube. Pengguna setia android yang senang menghabiskan waktu untuk menonton video di Youtube tentu tahu bagaimana kreatifnya orang-orang selama masa karantina melihat dari video-video yang mereka unggah.