Blog

10 Jenis Produk Besi Beserta Fungsi dan Kegunaannya

Besi merupakan material pokok  jasa laser cutting metal. Selain telah terkenal karena fungsi primer yang dihadirkan oleh produk satu ini yang tujuannya agar bangunan yang kita buat dapat memberikan ketahanan dan kekuatan yang optimal. Terdapat beberapa produk besi yang ada di pasaran yang memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing.

Alasan Memahami Besi Dan Kegunaannya

Maka dari itu untuk membangun sebuah bangunan atau berbagai macam konstruksi, maka hal yang tidak kalah penting adalah untuk memahami tentang produk-produk apa saja dari besi dan mengetahui masing-masing setiap fungsinya. Tujuan hal ini dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Menghindari kesalahan dalam membeli produk besi agar sesuai dengan kebutuhan.
  2. Meminimalisir pengeluaran biaya yang berlebih
  3. Memaksimalkan fungsi material besi pada bangunan yang hendak kita buat.

10 Jenis Produk Besi Dan Kegunaannya

Untuk mengetahui produk jasa laser cutting metal kita gunakan untuk membuat sebuah konstruksi bangunan, maka dari itu kami akan memberikan penjelasan mengenai hak yang terkait. Simak penjelasannya pada artikel berikut ini :

  1. Besi beton, memiliki fungsi kegunaan untuk dijadikan sebuah pondasi tulang-tulang bangunan beton. Produk ini pada umumnya memiliki dua buah jenis yaitu produk besi beton ulir dan jenis besi beton polos.
  2. Besi H-beam, merupakan produk yang berbentuk huruf , terkenal di dunia konstruksi bangunan, selain dapat digunakan untuk membangun gedung perkantoran pencakar langit juga produk ini sangat dibutuhkan sebagai material penyusun bangunan jembatan.
  3. Besi Siku, jenis besi ini merupakan produk besi yang memiliki sebuah siku 900. Fungsi dan kegunaan dari produk satu ini adalah sebagai penopang pada beberapa konstruksi bangunan.
  4. Expanded Metal, produk besi satu ini memiliki bentuk yang unik, selain tampak layaknya sebuah jaring. Meskipun dengan bentuk seperti jaring, produk satu ini merupakan jenis produk besi yang sangat kuat namun juga ringan.
  5. Wide Flange, bentuknya seperti besi H-beam, dapat difungsikan sebagai bahan untuk konstruksi bangunan. Namun, besi wide flange lebih efisien digunakan karena mampu menahan gaya tekan beban yang kuat.
  6. Besi Hollow, produk besi satu ini memiliki fungsi penting yang berguna untuk membuat konstruksi sebuah pintu pagar atau gerbang, kanopi dan juga railing. Besi ini memiliki bentuk kotak yang tengahnya terlihat kosong.
  7. Besi Plat, produk besi yang berbentuk lempengan datar ini memiliki kegunaan dan fungsinya untuk dijadikan bahan material pembuatan untuk body serta mesin kendaraan. Baik kendaraan mobil, kapal, pesawat dan masih banyak lainnya.
  8. Wiremesh, merupakan produk besi yang memiliki produk seperti sebuah jaring kawat. Produk satu ini dapat digunakan sebagai material untuk sebuah pagar. Produk satu ini juga dapat berfungsi sebagai penguat beton dan juga plat pada sebuah lantai bangunan.
  9. Pipa Besi, nah untuk produk satu ini memiliki bentuk seperti pipa yang terbuah dari besi. Produk ini dapat digunakan untuk konstruksi bangunan serta pipa-pipa minyak, gas alam, air PDAM dan masih banyak lainnya.
  10. Besi CNP dan UNP, kedua buah produk jasa laser cutting metal ini mungkin jarang sekali kita dengar, namun tidak aneh bagi mereka yang terbiasa dalam dunia konstruksi. Untuk produk cnp memiliki bentuk layaknya huruf c dan digunakan sebagai rangka sebuah atap. Sedangkan produk UNP memiliki bentuk layaknya huruf U dan digunakan sebagai penopang.